Pasukan Khusus Pelajar Pengibar Bendera (PASKUPBARA) - SMA Negeri 1 Purwodadi Kabupaten Grobogan

Selasa, 21 Januari 2020

Pasukan Khusus Pelajar Pengibar Bendera (PASKUPBARA)

PASKUPBARA (Pasukan Khusus Pelajar Pengibar Bendera) merupakan ekstrakurikuler bergengsi di SMA N 1 Purwodadi dan bahkan dijadikan sebagai tolak ukur di Kabupaten Grobogan. PASKUPBARA bergerak dalam bidang kepaskibrakaan, tidak hanya baris-berbaris, namun juga nasionalisme, kedisiplinan, dan kepemimpinan menjadi sasaran utama.



Tugas utama PASKUPBARA yaitu mengibarkan sang dwi warna panji dalam upacara pengibaran bendera sekaligus memberi kontribusi dalam pengembangan jiwa nasionalisme bagi siswa siswi SMA N 1 Purwodadi.

Cuaca panas tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk bertugas. Mereka dituntut untuk bersahabat dengan cuaca panas maupun dingin sekalipun yang keduanya tidak mengahalangi kewajiban untuk menjalankan tugas.

PASKUPBARA didirikan pada tahun 2007 oeh Reza Prasetya Pahlevi sekaligus menjadi angkatan pertama PASKUPBARA dan higga saat ini sudah 14 angkatan yang dilahirkan oleh PASKUPBARA. Dalam struktur organisasinya korps PASKUPBARA terdiri dari komandan, wakil komandan, sekretaris jenderal, bendahara jenderal, dan 5 divisi bidang yaitu divisi provos, divisi operasional, divisi suplay, divisi penerangan dan divisi kesehatan.

PUBER 9 (Pejuang Berprestasi)

PASKUPBARA pun telah mengukir berbagai prestasi di antaranya:

1. Selalu mengirimkan perwakilan anggotanya dalam paskibraka Kabupaten Grobogan maupun Provinsi Jawa Tengah.

2. Selalu dipercaya menempati posisi pengibar bendera di tingkat kabupaten.
3. Juara 1 Peraturan Baris Berbaris (PBB) dalam lomba jambore nasionalisme dan ekstrakurikuler kepramukaan tingkat jawa tengah.
4. Meraih tropi lomba RAMAKA open di SMA 2 Klaten dengan kategori juara 3 variasi formasi terbaik dan juara 3 komandan peleton terbaik 2016.
5. Juara 1 LTUB BB tingkat karesidenan tahun 2016
6. Pada tahun 2018, mengirimkan anggota bernama Muhammad Rajif sebagai anggota paskibraka nasional dari provinsi Jawa Tengah.

sumber:
1. Majalah Cemerlang
2. https://www.instagram.com/p/B0P-xkqlW2v/

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda