Smansa Art - SMA Negeri 1 Purwodadi Kabupaten Grobogan

Jumat, 17 Januari 2020

Smansa Art



Apa yang terlintas dalam pikiran ketika kita mendengar kata seni? Tentunya tidak asing karena setiap mengekspresikan imajinasi kita disebut dengan seni. Di SMAN Negeri 1 Purwodadi sendiri memiliki ekstrakurikuler dalam bidang seni. Ekstrakurikuler ini dinamakan SMANSA ART.

Ekstrakurikuler ini dibentuk pada 15 Mei 2014 oleh IIM Maistri Vaisaka yang sekaligus menjadi ketua, generasi selanjutnya diketuai oleh Nalendro Putro Wicaksono. Pada saat ini ekstrakurikuler SMANSA ART diketuai oleh Larasati WIdya Nugraha. Pada awalnya nama ekstra ini bukan SMANSA ART akan tetapi Smansa ARt Organization (SAO) karena dirasa kurang bisa menyeluruh terhadap bidang maka dibuah menjadi SMANSA ART.

Adapun tujuan sari SMANSA ART yaitu mengumpulkan dan mengembangkan bakat seni siswa SMA Negeri 1 Purwodadi serta menunjukkan dan membuktikan bakat-bakat tersebut dengan mengikuti dan menyukseskan beberapa lomba terutama lomba FLS2N.

Dalam ekstra SMANSA ART memiliki dua divisi yang salah satunya bergerak di bidang musikal. Di dalam divisi musikal terbagi lagi menjadi beberapa bidang, antara lain paduan suara, solo vokal, vokal grup, band dan lain-lain.

Divisi Visual

Ekstrakurikuler SMART selain bergerak di divisi visual. Divisi visual di SMART terdiri dari dua cabang yaitu: visual manual dan visual digital. Visual manual adalah penciptaan karya seni dalam bentuk objek/ gambar dengan teknik manual ata mengandalkan kemampuan dan kreatifitas pada diri seseorang dalam mengilustrasikan objek/ gambar. Seni dari teknik manual antara lain: melukis, menggambar, craft, sketch, grafiti, doodle dan lain-lain. Sedangkan dalam visual digital adalah penciptaan karya seni visual menggunakan bantuan media alat seperti komputer beserta software pendukung, kamera dan alat pendukung lainnya dalam proses pembuatannya.

Pada tahun 2017 SMANSA ART mengalami perkembenagan divisi yaitu divisi theater ini.

Prestasi yang berhasil diraih oleh SMANSA ART yaitu:
1. Lomba film pendek dalam Grobogan kreatif yang berhasil mendapatkan juara 3
2. Lomba desain batik dalam Grobogan Kreatif yang berhasil mendapat juara harapan 3.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda